Berikut dalah RPP Matematika Kelas XI Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019 :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SATUAN
PENDIDIKAN
|
:
MAN 1 JEMBRANA
|
MATA PELAJARAN
|
:
MATEMATIKA WAJIB
|
KELAS/SEMESTER
|
:
XI / GENAP
|
TAHUN
PELAJARAN
|
:
2018/2019
|
MATERI
POKOK
|
:
Aplikasi Turunan Fungsi
|
ALOKASI
WAKTU
|
:
8 x
45 Menit (4 x pertemuan)
|
A.
KOMPETENSI INTI (KI)
KI. 1
|
: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
|
|
KI. 2
|
: Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif,
dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
|
KI. 3
|
: Memahami ,menerapkan, dan menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan
rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan
kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
KI. 4
|
: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
B.
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
NO
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
||
1
|
1.1
|
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
|
Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
|
2
|
2.1
|
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif
|
2.1
|
Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif, dan pro-aktif
|
3
|
3.9
|
Menganalisis
keberkaitanan turunan pertama fungsi dengan nilai maksimum, nilai minimum,
dan selang kemonotonan fungsi, serta kemiringan garis singgung kurva
|
3.9.1
3.9.2
3.9.3
3.9.4
3.9.5
3.9.6
3.9.7
3.9.8
|
Peserta
didik dapat memahami konsep-konsep terkait Nilai maksimum
Peserta
didik dapat menerapkan konsep-konsep Nilai maksimum dalam menyelesaikan
masalah
Peserta
didik dapat memahami konsep-konsep terkait Nilai minimum
Peserta didik dapat menerapkan konsep-konsep Nilai
minimum dalam menyelesaikan masalah
Peserta didik dapat memahami konsep-konsep terkait
Kemonotonan fungsi
Peserta didik dapat menerapkan konsep-konsep Kemonotonan
fungsi dalam menyelesaikan masalah
Peserta didik dapat memahami konsep-konsep terkait
Kemiringan garis singgung kurva
Peserta didik dapat menerapkan konsep-konsep Kemiringan
garis singgung kurva dalam menyelesaikan masalah
|
4
|
4.9
|
Menggunakan turunan pertama fungsi untuk
menentukan titik maksimum, titik minimum, dan selang kemonotonan fungsi,
serta kemiringan garis singgung kurva, persamaan garis singgung, dan garis
normal kurva berkaitan dengan masalah kontekstual
|
4.9.1
4.9.2
4.9.3
4.9.4
4.9.5
4.9.6
4.9.7
4.9.8
|
Peserta didik dapat
menyelesaikan masalah terkait Nilai maksimum
Peserta didik dapat
menjelaskan baik secara lisan maupun prosedural dalam menyelesaikan masalah
Nilai maksimum
Peserta
didik dapat menyelesaikan masalah terkait Nilai minimum
Peserta
didik dapat menjelaskan baik secara lisan maupun prosedural dalam
menyelesaikan masalah Nilai minimum
Peserta
didik dapat menyelesaikan masalah terkait Kemonotonan fungsi
Peserta
didik dapat menjelaskan baik secara lisan maupun prosedural dalam
menyelesaikan masalah Kemonotonan fungsi
Peserta
didik dapat menyelesaikan masalah terkait Kemiringan garis singgung kurva
Peserta
didik dapat menjelaskan baik secara lisan maupun prosedural dalam
menyelesaikan masalah Kemiringan garis singgung kurva
|
C.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Pertemuan Pertama
:
Setelah mengikuti
Serangkaian Kegiatan Pembelajaran Nilai Maksimum maka :
1.
Peserta didik dapat memahami konsep-konsep terkait Nilai
maksimum
2.
Peserta didik dapat menerapkan konsep-konsep Nilai
maksimum dalam menyelesaikan masalah
3.
Peserta didik dapat menjelaskan baik secara lisan maupun prosedural dalam
menyelesaikan masalah Nilai maksimum
4.
Peserta didik dapat menunjukkan perilaku tanggungjawab
|
Pertemuan kedua :
Setelah mengikuti
Serangkaian Kegiatan Pembelajaran Aplikasi Turunan terkait Nilai Minimum maka:
1.
Peserta
didik dapat memahami konsep-konsep
terkait Nilai minimum
2.
Peserta
didik dapat menerapkan konsep-konsep
Nilai minimum dalam menyelesaikan masalah
3.
Peserta
didik dapat menjelaskan baik secara
lisan maupun prosedural dalam menyelesaikan masalah Nilai minimum
4.
Peserta
didik dapat menunjukkan perilaku tanggungjawab
Pertemuan ketiga :
Setelah
mengikuti Serangkaian Kegiatan Pembelajaran Aplikasi Turunan terkait Kemonotonan
Fungsi maka:
1.
Peserta
didik dapat memahami konsep-konsep
terkait Kemonotonan fungsi
2.
Peserta
didik dapat menerapkan konsep-konsep Kemonotonan fungsi dalam menyelesaikan masalah
3.
Peserta
didik dapat menjelaskan baik secara
lisan maupun prosedural dalam menyelesaikan masalah Kemonotonan fungsi
4.
Peserta
didik dapat menunjukkan perilaku tanggungjawab
Pertemuan keempat
:
Setelah
mengikuti Serangkaian Kegiatan Pembelajaran Aplikasi Turunan terkait Kemiringan
Garis Singgung Kurva maka:
1.
Peserta
didik dapat memahami konsep-konsep
terkait Kemiringan garis singgung kurva
2.
Peserta
didik dapat menerapkan konsep-konsep Kemiringan garis singgung kurva dalam menyelesaikan masalah
3.
Peserta
didik dapat menjelaskan baik secara
lisan maupun prosedural dalam menyelesaikan masalah Kemiringan garis singgung
kurva
4.
Peserta
didik dapat menunjukkan perilaku tanggungjawab
D.
MATERI PEMBELAJARAN
1
|
Materi Pembelajaran
Reguler
|
Keterangan
|
1. Fakta : semua
simbol-simbol matematika baik berupa angka atau lambang yang dapat digunakan
dalam menjelaskan materi Nilai maksimum, Nilai
Minimum, Kemonotonan Fungsi dan Kemiringan Garis Singgung Kurva
2. Konsep : definisi,
pengertian, serta ciri-ciri yang berkaitan dengan Nilai maksimum, Nilai Minimum, Kemonotonan
Fungsi dan Kemiringan Garis Singgung Kurva
3. Prinsip : dalil,
rumus serta teori yang menjelaskan tentang
Nilai maksimum, Nilai
Minimum, Kemonotonan Fungsi dan Kemiringan Garis Singgung Kurva
4. Prosedur : langkah-langkah
sistematis tentang penyelesaian masalah Nilai
maksimum, Nilai Minimum, Kemonotonan Fungsi dan Kemiringan
Garis Singgung Kurva
|
||
2
|
Materi Pembelajaran Pengayaan
|
|
Soal
– soal Nilai maksimum, Nilai Minimum,
Kemonotonan Fungsi dan Kemiringan Garis Singgung Kurva
yang diujikan pada Ujian Nasional/SBMPTN
|
||
3
|
Materi Pembelajaran Remedial
|
|
Penyelesaian masalah Nilai
maksimum, Nilai Minimum,
Kemonotonan Fungsi dan Kemiringan Garis Singgung Kurva
|
E.
METODE
PEMBELAJARAN
Pert
|
Pendekatan
|
Model
|
Metode Pembelajaran
|
I
|
Scientific
|
Pembelajaran Kooperatif
|
1.
Problem
Basic Learning
2.
Ceramah
3.
Diskusi
4.
Tanya
jawab
5.
Penugasan
|
II
|
Pembelajaran Kooperatif
|
||
III
|
Pembelajaran Kooperatif
|
||
IV
|
Pembelajaran Kooperatif
|
F.
MEDIA
PEMBELAJARAN
Pert
|
Media
|
ALAT /BAHAN
|
I
|
Media Visual
|
White
board, rangkuman
materi, contoh soal dan penyelesaian serta panduan membuat soal
|
II
|
Audio Visual
|
Laptop,
Proyektor, video pembelajaran atau vidio tutorial penyelesaian masalah
|
G. SUMBER BELAJAR
Pert
|
Buku Paket
|
Sumber lain
|
I
|
Matematika Platinum
|
LKS
|
II
|
Matematika Platinum
|
Matematika Erlangga, Kumpulan Soal - Soal
|
H.
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
1.
Pertemuan Pertama:
Nama Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
||
Kegiatan
Pendahuluan
|
10 Menit
|
||
Tahapan
|
Kegiatan
|
||
Guru
|
Peserta didik
|
||
Ø Komunikasi
Ø Apersepsi
Ø Motivasi
|
Ø Guru
mengucapkan salam dan mengarahkan peserta didik untuk memimpin doa
Ø Guru
mengecek kehadiran peserta didik
Ø Guru
memberikan gambaran tentang pentingnya memahami Aplikasi Turunan terkait Nilai maksimum
Ø Sebagai
apersepsi untuk mendorong rasa ingin tahu dan berpikir kritis, peserta didik
diajak memecahkan masalah mengenai bagaimana menemukan Aplikasi Turunan
terkait Nilai maksimum
Ø Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
|
Ø Peserta
didik menjawab salam, dan berdoa bersama-sama
Ø Peserta
didik memperhatikan guru, serta proses pembelajaran dan materi pelajaran yang
akan dipelajari diikuti dengan sungguh-sungguh
Ø Peserta
didik termotivasi dan muncul rasa ingin tahu terhadap materi pelajaran yang
akan dipelajari
|
|
Kegiatan
Inti
|
65 Menit
|
||
Tahapan
|
Kegiatan
|
||
Guru
|
Peserta didik
|
||
1. Mengamati (Observing)
|
Guru mengajukan/menunjukkan masalah
kepada Peserta didik untuk diselesaikan/diskusikan dalam menemukan konsep Aplikasi
Turunan terkait Nilai maksimum
|
Melatih kesungguhan, ketelitian dan
mencari informasi tentang konsep Aplikasi Turunan terkait Nilai maksimum
|
|
2. Menanya (Questioning)
|
Guru
meminta peserta didik untuk menanyakan tentang masalah atau Membuat
pertanyaan mengenai konsep dan sifat Aplikasi Turunan terkait Nilai maksimum
|
Mengembangkan kreativitas dan rasa ingin tahu tentang
konsep dan sifat Aplikasi Turunan terkait Nilai
maksimum
|
|
3. Mengumpulkan informasi/ men coba (Experimenting)
|
Guru meminta peserta didik mencoba menyelesaikan permasalahan
yang diberikan, baik secara individual maupun berdiskusi dengan teman
terdekat yang berada disampingnya (kanan, kiri, depan atau belakang) sesuai
dengan jenis tugas yang diberikan
|
Peserta didik menyelesaikan masalah Aplikasi Turunan
terkait Nilai maksimum berdasarkan lembar kerja peserta
didik yang diberikan guru.
|
|
4. Menalar/ Mengasosiasi (Associating)
|
Guru mengarahkan peserta didik
untuk berpikir
kreatif tentang bagaimana suatu permasalah terkait materi Konsep dan sifat Aplikasi Turunan terkait Nilai maksimum diajukan dan diciptakan
|
Peserta
didik menganalisis dan membuat kategori dari unsur-unsur yang terdapat pada Konsep dan sifat Aplikasi Turunan terkait Nilai maksimum
|
|
5. Mengomunikasikan (Communicating)
|
Guru mengarahkan peserta didik untuk menghubungkan
unsur-unsur yang sudah dikategorikan/ dikelompokkan sehingga dapat dibuat
kesimpulan mengenai Konsep dan sifat Aplikasi Turunan terkait Nilai maksimum
|
Peserta didik menyajikan hasil pekerjaan
atau percobaanya dalam menyelesaikan masalah dengan cara berbagi informasi
dan strategi dengan teman terdekat yang berada disampingnya (kanan, kiri,
depan atau belakang) maupun dengan teman sekelasnya
|
|
Kegiatan
Penutup
|
15 Menit
|
||
Kegiatan
|
|||
Guru
|
Peserta didik
|
||
Diakhir Pembelajaran diharapkan
|
Ø
Guru meminta Peserta didik menyimpulkan
tentang Konsep dan sifat Aplikasi Turunan terkait Nilai maksimum.
Ø
Guru memberikan tes kepada peserta didik
Ø
Guru memberikan tugas rumah (PR)
Ø
Guru menyampaikan arahan untuk pertemuan
selanjutnya
Ø Guru
mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar dan
meningkatkan sikap yang baik dirumah.
|
Ø Peserta
didik dapat mengembangkan kemampuan pengetahuan dan keterampilan
Ø Peserta
didik dapat merasakan rasa syukur kepada Tuhan atas segala hikmat yang telah
diberikan, sehingga kita dapat mengakhiri pelajaran dengan baik.
|
|
Total Waktu 2 x
45 menit
|
90 menit
|
2.
Pertemuan Kedua:
Nama Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
||
Kegiatan
Pendahuluan
|
10 Menit
|
||
Tahapan
|
Kegiatan
|
||
Guru
|
Peserta didik
|
||
Ø Komunikasi
Ø Apersepsi
Ø Motivasi
|
Ø Guru
mengucapkan salam dan mengarahkan peserta didik untuk memimpin doa
Ø Guru
mengecek kehadiran peserta didik
Ø Guru
memberikan gambaran tentang pentingnya memahami Penyelesaian Aplikasi Turunan
terkait Nilai minimum
Ø Sebagai
apersepsi untuk mendorong rasa ingin tahu dan berpikir kritis, peserta didik
diajak memecahkan masalah mengenai bagaimana menemukan Penyelesaian Aplikasi
Turunan terkait Nilai minimum.
Ø Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
|
Ø Peserta
didik menjawab salam, dan berdoa bersama-sama
Ø Peserta
didik memperhatikan guru, serta proses pembelajaran dan materi pelajaran yang
akan dipelajari diikuti dengan sungguh-sungguh
Ø Peserta
didik termotivasi dan muncul rasa ingin tahu terhadap materi pelajaran yang
akan dipelajari
|
|
Kegiatan
Inti
|
65 Menit
|
||
Tahapan
|
Kegiatan
|
||
Guru
|
Peserta didik
|
||
1. Mengamati (Observing)
|
Guru mengajukan/menunjukkan masalah
kepada Peserta didik untuk diselesaikan/diskusikan dalam menemukan
Penyelesaian Aplikasi Turunan terkait Nilai minimum
|
Melatih kesungguhan, ketelitian
dan mencari informasi tentang Penyelesaian Aplikasi Turunan terkait Nilai minimum
|
|
2. Menanya (Questioning)
|
Guru
meminta peserta didik untuk menanyakan tentang masalah atau Membuat pertanyaan
mengenai Penyelesaian Aplikasi Turunan terkait Nilai minimum
|
Mengembangkan kreativitas dan rasa ingin tahu tentang
Penyelesaian Aplikasi Turunan terkait Nilai minimum
|
|
3. Mengumpulkan informasi/ men coba (Experimenting)
|
Guru meminta peserta didik mencoba menyelesaikan permasalahan
yang diberikan, baik secara individual maupun berdiskusi dengan teman
terdekat yang berada disampingnya (kanan, kiri, depan atau belakang) sesuai
dengan jenis tugas yang diberikan
|
Peserta didik menyelesaikan masalah Aplikasi Turunan
terkait Nilai minimum berdasarkan lembar kerja peserta didik yang diberikan guru.
|
|
4. Menalar/ Mengasosiasi (Associating)
|
Guru mengarahkan peserta didik
untuk berpikir
kreatif tentang bagaimana suatu permasalah terkait materi Penyelesaian Aplikasi Turunan terkait Nilai minimum diajukan dan diciptakan
|
Peserta didik menganalisis dan membuat kategori dari
unsur-unsur yang terdapat pada
Penyelesaian Aplikasi Turunan
terkait Nilai minimum
|
|
5. Mengomunikasikan (Communicating)
|
Guru mengarahkan peserta didik untuk menghubungkan
unsur-unsur yang sudah dikategorikan/ dikelompokkan sehingga dapat dibuat
kesimpulan mengenai Penyelesaian Aplikasi
Turunan terkait Nilai minimum
|
Peserta didik menyajikan hasil pekerjaan
atau percobaanya dalam menyelesaikan masalah dengan cara berbagi informasi
dan strategi dengan teman terdekat yang berada disampingnya (kanan, kiri,
depan atau belakang) maupun dengan teman sekelasnya
|
|
Kegiatan
Penutup
|
15 Menit
|
||
Kegiatan
|
|||
Guru
|
Peserta didik
|
||
Diakhir Pembelajaran diharapkan
|
Ø
Guru meminta Peserta didik menyimpulkan
tentang Penyelesaian Aplikasi Turunan
terkait Nilai minimum.
Ø
Guru memberikan tes kepada peserta didik
Ø
Guru memberikan tugas rumah (PR)
Ø
Guru menyampaikan arahan untuk pertemuan
selanjutnya
Ø Guru
mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar dan
meningkatkan sikap yang baik dirumah.
|
Ø Peserta
didik dapat mengembangkan kemampuan pengetahuan dan keterampilan
Ø Peserta
didik dapat merasakan rasa syukur kepada Tuhan atas segala hikmat yang telah
diberikan, sehingga kita dapat mengakhiri pelajaran dengan baik.
|
|
Total Waktu 2 x
45 menit
|
90 menit
|
3.
Pertemuan Ketiga:
Nama Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
||
Kegiatan
Pendahuluan
|
10 Menit
|
||
Tahapan
|
Kegiatan
|
||
Guru
|
Peserta didik
|
||
Ø Komunikasi
Ø Apersepsi
Ø Motivasi
|
Ø Guru
mengucapkan salam dan mengarahkan peserta didik untuk memimpin doa
Ø Guru
mengecek kehadiran peserta didik
Ø Guru
memberikan gambaran tentang pentingnya memahami Aplikasi Turunan terkait Kemonotonan
Fungsi
Ø Sebagai apersepsi untuk mendorong rasa ingin
tahu dan berpikir kritis, peserta didik diajak memecahkan masalah mengenai
bagaimana menemukan Aplikasi Turunan terkait Kemonotonan Fungsi.
Ø Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
|
Ø Peserta
didik menjawab salam, dan berdoa bersama-sama
Ø Peserta
didik memperhatikan guru, serta proses pembelajaran dan materi pelajaran yang
akan dipelajari diikuti dengan sungguh-sungguh
Ø Peserta
didik termotivasi dan muncul rasa ingin tahu terhadap materi pelajaran yang
akan dipelajari
|
|
Kegiatan
Inti
|
65 Menit
|
||
Tahapan
|
Kegiatan
|
||
Guru
|
Peserta didik
|
||
2. Mengamati (Observing)
|
Guru mengajukan/menunjukkan masalah
kepada Peserta didik untuk diselesaikan/diskusikan dalam menemukan konsep Aplikasi
Turunan terkait Kemonotonan Fungsi
|
Melatih kesungguhan, ketelitian dan
mencari informasi tentang konsep Aplikasi Turunan terkait Kemonotonan
Fungsi
|
|
2. Menanya (Questioning)
|
Guru
meminta peserta didik untuk menanyakan tentang masalah atau Membuat
pertanyaan mengenai konsep dan sifat Aplikasi Turunan terkait Kemonotonan
Fungsi
|
Mengembangkan kreativitas dan rasa ingin tahu tentang
konsep dan sifat Aplikasi Turunan terkait Kemonotonan Fungsi
|
|
3. Mengumpulkan informasi/ men coba (Experimenting)
|
Guru meminta peserta didik mencoba menyelesaikan permasalahan
yang diberikan, baik secara individual maupun berdiskusi dengan teman
terdekat yang berada disampingnya (kanan, kiri, depan atau belakang) sesuai
dengan jenis tugas yang diberikan
|
Peserta didik menyelesaikan masalah Aplikasi Turunan
terkait Kemonotonan Fungsi berdasarkan lembar kerja peserta didik
yang diberikan guru.
|
|
4. Menalar/ Mengasosiasi (Associating)
|
Guru mengarahkan peserta didik
untuk berpikir
kreatif tentang bagaimana suatu permasalah terkait materi Konsep dan sifat Aplikasi Turunan terkait Kemonotonan
Fungsi diajukan
dan diciptakan
|
Peserta
didik menganalisis dan membuat kategori dari unsur-unsur yang terdapat pada Konsep dan sifat Aplikasi Turunan terkait Kemonotonan
Fungsi
|
|
5. Mengomunikasikan (Communicating)
|
Guru mengarahkan peserta didik untuk menghubungkan
unsur-unsur yang sudah dikategorikan/ dikelompokkan sehingga dapat dibuat
kesimpulan mengenai Konsep dan sifat Aplikasi Turunan terkait Kemonotonan
Fungsi
|
Peserta didik menyajikan hasil pekerjaan
atau percobaanya dalam menyelesaikan masalah dengan cara berbagi informasi
dan strategi dengan teman terdekat yang berada disampingnya (kanan, kiri,
depan atau belakang) maupun dengan teman sekelasnya
|
|
Kegiatan
Penutup
|
15 Menit
|
||
Kegiatan
|
|||
Guru
|
Peserta didik
|
||
Diakhir Pembelajaran diharapkan
|
Ø
Guru meminta Peserta didik menyimpulkan
tentang Konsep dan sifat Aplikasi Turunan terkait Kemonotonan
Fungsi.
Ø
Guru memberikan tes kepada peserta didik
Ø
Guru memberikan tugas rumah (PR)
Ø
Guru menyampaikan arahan untuk pertemuan
selanjutnya
Ø Guru
mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar dan
meningkatkan sikap yang baik dirumah.
|
Ø Peserta
didik dapat mengembangkan kemampuan pengetahuan dan keterampilan
Ø Peserta
didik dapat merasakan rasa syukur kepada Tuhan atas segala hikmat yang telah
diberikan, sehingga kita dapat mengakhiri pelajaran dengan baik.
|
|
Total Waktu 2 x
45 menit
|
90 menit
|
4.
Pertemuan Keempat:
Nama Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
||
Kegiatan
Pendahuluan
|
10 Menit
|
||
Tahapan
|
Kegiatan
|
||
Guru
|
Peserta didik
|
||
Ø Komunikasi
Ø Apersepsi
Ø Motivasi
|
Ø Guru
mengucapkan salam dan mengarahkan peserta didik untuk memimpin doa
Ø Guru
mengecek kehadiran peserta didik
Ø Guru
memberikan gambaran tentang pentingnya memahami Penyelesaian Aplikasi Turunan
terkait Kemiringan Garis Singgung Kurva Sebagai apersepsi untuk mendorong
rasa ingin tahu dan berpikir kritis, peserta didik diajak memecahkan masalah
mengenai bagaimana menemukan Penyelesaian Aplikasi Turunan terkait Kemiringan
Garis Singgung Kurva.
Ø Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
|
Ø Peserta
didik menjawab salam, dan berdoa bersama-sama
Ø Peserta
didik memperhatikan guru, serta proses pembelajaran dan materi pelajaran yang
akan dipelajari diikuti dengan sungguh-sungguh
Ø Peserta
didik termotivasi dan muncul rasa ingin tahu terhadap materi pelajaran yang
akan dipelajari
|
|
Kegiatan
Inti
|
65 Menit
|
||
Tahapan
|
Kegiatan
|
||
Guru
|
Peserta didik
|
||
1. Mengamati (Observing)
|
Guru mengajukan/menunjukkan masalah
kepada Peserta didik untuk diselesaikan/diskusikan dalam menemukan
Penyelesaian Aplikasi Turunan terkait Kemiringan Garis Singgung Kurva
|
Melatih kesungguhan, ketelitian
dan mencari informasi tentang Penyelesaian Aplikasi Turunan terkait Kemiringan
Garis Singgung Kurva
|
|
2. Menanya (Questioning)
|
Guru meminta peserta
didik untuk menanyakan tentang masalah atau Membuat pertanyaan mengenai
Penyelesaian Aplikasi Turunan terkait Kemiringan Garis Singgung Kurva
|
Mengembangkan kreativitas dan rasa ingin tahu tentang
Penyelesaian Aplikasi Turunan terkait Kemiringan Garis Singgung Kurva
|
|
3. Mengumpulkan informasi/ men coba (Experimenting)
|
Guru meminta peserta didik mencoba menyelesaikan permasalahan
yang diberikan, baik secara individual maupun berdiskusi dengan teman
terdekat yang berada disampingnya (kanan, kiri, depan atau belakang) sesuai
dengan jenis tugas yang diberikan
|
Peserta didik menyelesaikan masalah Aplikasi Turunan
terkait Kemiringan Garis Singgung Kurva berdasarkan lembar kerja peserta
didik yang diberikan guru.
|
|
4. Menalar/ Mengasosiasi (Associating)
|
Guru mengarahkan peserta didik
untuk berpikir
kreatif tentang bagaimana suatu permasalah terkait materi Penyelesaian Aplikasi Turunan terkait Kemiringan
Garis Singgung Kurva diajukan dan diciptakan
|
Peserta
didik menganalisis dan membuat kategori dari unsur-unsur yang terdapat pada Penyelesaian Aplikasi Turunan terkait Kemiringan
Garis Singgung Kurva
|
|
5. Mengomunikasikan (Communicating)
|
Guru mengarahkan peserta didik untuk menghubungkan
unsur-unsur yang sudah dikategorikan/ dikelompokkan sehingga dapat dibuat
kesimpulan mengenai Penyelesaian Aplikasi
Turunan terkait Kemiringan Garis Singgung Kurva
|
Peserta didik menyajikan hasil pekerjaan
atau percobaanya dalam menyelesaikan masalah dengan cara berbagi informasi
dan strategi dengan teman terdekat yang berada disampingnya (kanan, kiri,
depan atau belakang) maupun dengan teman sekelasnya
|
|
Kegiatan
Penutup
|
15 Menit
|
||
Kegiatan
|
|||
Guru
|
Peserta didik
|
||
Diakhir Pembelajaran diharapkan
|
Ø
Guru meminta Peserta didik menyimpulkan
tentang Penyelesaian Aplikasi Turunan
terkait Kemiringan Garis Singgung Kurva.
Ø
Guru memberikan tes kepada peserta didik
Ø
Guru memberikan tugas rumah (PR)
Ø
Guru menyampaikan arahan untuk pertemuan
selanjutnya
Ø Guru
mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar dan
meningkatkan sikap yang baik dirumah.
|
Ø Peserta
didik dapat mengembangkan kemampuan pengetahuan dan keterampilan
Ø Peserta
didik dapat merasakan rasa syukur kepada Tuhan atas segala hikmat yang telah
diberikan, sehingga kita dapat mengakhiri pelajaran dengan baik.
|
|
Total Waktu 2 x
45 menit
|
90 menit
|
I.
PENILAIAN
1.
Teknik Penilaian Sikap
a. Sikap Spritual
No
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Butir Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1
|
Observasi
|
Terlampir
|
Terlampir
|
Saat Pembelajaran berlangsung
|
|
2
|
Penilaian Diri
|
Terlampir
|
Terlampir
|
Saat pembelajaran usai
|
|
3
|
Penilaian Antarteman
|
Terlampir
|
Terlampir
|
Saat pembelajaran Usai
|
b. Penilaian Sikap Sosial
No
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Butir Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1
|
Observasi
|
Terlampir
|
Terlampir
|
Saat Pembelajaran berlangsung
|
|
2
|
Penilaian Diri
|
Terlampir
|
Terlampir
|
Saat pembelajaran usai
|
|
3
|
Penilaian Antarteman
|
Terlampir
|
Terlampir
|
Saat pembelajaran Usai
|
2.
Penilaian Pengetahuan (KI-3)
No
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Butir
Instrumen
|
Waktu
Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1
|
Tertulis
|
Terlampir
|
Terlampir
|
Selesai
pertemuan terakhir
|
|
2
|
Lisan
|
Terlampir
|
Terlampir
|
Selesai
pertemuan terakhir
|
|
3
|
Penugasan
|
Terlampir
|
Terlampir
|
Selesai
pertemuan terakhir
|
3. Penilaian
Keterampilan (KI-4)
No
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Butir
Instrumen
|
Waktu
Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1
|
Praktek
|
Terlampir
|
Terlampir
|
Saat
pembelajaran
|
|
2
|
Produk
|
Terlampir
|
Terlampir
|
Penyelesaian
tugas
|
|
3
|
Proyek
|
Terlampir
|
Terlampir
|
Penyelesaian
tugas
|
|
4
|
Portofolio
|
Terlampir
|
Terlampir
|
Penyelesaian
tugas
|
|
5
|
Teknik lain
|
Terlampir
|
Terlampir
|
Penyelesaian
tugas
|
0 Comments:
Posting Komentar