Recent Posts

Minggu, 19 Mei 2019

RPP Matematika Kelas XI Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019

Berikut dalah RPP Matematika Kelas XI Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019 :










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)

SATUAN PENDIDIKAN
: MAN 1 JEMBRANA
MATA PELAJARAN
: MATEMATIKA WAJIB
KELAS/SEMESTER
: XI / GENAP
TAHUN PELAJARAN
: 2018/2019
MATERI POKOK
: Aplikasi Turunan Fungsi
ALOKASI WAKTU
: 8 x 45  Menit (4 x pertemuan)
                       
A.  KOMPETENSI INTI (KI)

  KI. 1
: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya


  KI. 2
: Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia


  KI. 3
: Memahami ,menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah


  KI. 4
: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan


B.  KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

NO
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1
1.1
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
1.1
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2
2.1
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif
2.1
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif
3
3.9
Menganalisis keberkaitanan turunan pertama fungsi dengan nilai maksimum, nilai minimum, dan selang kemonotonan fungsi, serta kemiringan garis singgung kurva
3.9.1

3.9.2

3.9.3

3.9.4

3.9.5

3.9.6


3.9.7

3.9.8
Peserta didik dapat memahami konsep-konsep terkait Nilai maksimum
Peserta didik dapat menerapkan konsep-konsep Nilai maksimum dalam menyelesaikan masalah
Peserta didik dapat memahami konsep-konsep terkait Nilai minimum
Peserta didik dapat menerapkan konsep-konsep Nilai minimum dalam menyelesaikan masalah
Peserta didik dapat memahami konsep-konsep terkait Kemonotonan fungsi
Peserta didik dapat menerapkan konsep-konsep Kemonotonan fungsi dalam menyelesaikan masalah
Peserta didik dapat memahami konsep-konsep terkait Kemiringan garis singgung kurva
Peserta didik dapat menerapkan konsep-konsep Kemiringan garis singgung kurva dalam menyelesaikan masalah
4
4.9
Menggunakan turunan pertama fungsi untuk menentukan titik maksimum, titik minimum, dan selang kemonotonan fungsi, serta kemiringan garis singgung kurva, persamaan garis singgung, dan garis normal kurva berkaitan dengan masalah kontekstual
4.9.1

4.9.2


4.9.3

4.9.4


4.9.5

4.9.6


4.9.7

4.9.8
Peserta didik dapat menyelesaikan masalah terkait Nilai maksimum
Peserta didik dapat menjelaskan baik secara lisan maupun prosedural dalam menyelesaikan masalah Nilai maksimum
Peserta didik dapat menyelesaikan masalah terkait Nilai minimum
Peserta didik dapat menjelaskan baik secara lisan maupun prosedural dalam menyelesaikan masalah Nilai minimum
Peserta didik dapat menyelesaikan masalah terkait Kemonotonan fungsi
Peserta didik dapat menjelaskan baik secara lisan maupun prosedural dalam menyelesaikan masalah Kemonotonan fungsi
Peserta didik dapat menyelesaikan masalah terkait Kemiringan garis singgung kurva
Peserta didik dapat menjelaskan baik secara lisan maupun prosedural dalam menyelesaikan masalah Kemiringan garis singgung kurva

C.  TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan Pertama :
Setelah mengikuti Serangkaian Kegiatan Pembelajaran Nilai Maksimum maka :

1.     Peserta didik dapat memahami konsep-konsep terkait Nilai maksimum
2.     Peserta didik dapat menerapkan konsep-konsep Nilai maksimum dalam menyelesaikan masalah
3.     Peserta didik dapat menjelaskan baik secara lisan maupun prosedural dalam menyelesaikan masalah Nilai maksimum
4.     Peserta didik dapat menunjukkan perilaku tanggungjawab

Pertemuan kedua :
Setelah mengikuti Serangkaian Kegiatan Pembelajaran Aplikasi Turunan terkait Nilai Minimum maka:
1.      Peserta didik dapat memahami konsep-konsep terkait Nilai minimum
2.      Peserta didik dapat menerapkan konsep-konsep Nilai minimum dalam menyelesaikan masalah
3.   Peserta didik dapat menjelaskan baik secara lisan maupun prosedural dalam menyelesaikan masalah Nilai minimum
4.      Peserta didik dapat menunjukkan perilaku tanggungjawab

Pertemuan ketiga :
Setelah mengikuti Serangkaian Kegiatan Pembelajaran Aplikasi Turunan terkait Kemonotonan Fungsi maka:
1.      Peserta didik dapat memahami konsep-konsep terkait Kemonotonan fungsi
2.      Peserta didik dapat menerapkan konsep-konsep Kemonotonan fungsi dalam menyelesaikan masalah
3.      Peserta didik dapat menjelaskan baik secara lisan maupun prosedural dalam menyelesaikan masalah Kemonotonan fungsi
4.      Peserta didik dapat menunjukkan perilaku tanggungjawab

Pertemuan keempat :
Setelah mengikuti Serangkaian Kegiatan Pembelajaran Aplikasi Turunan terkait Kemiringan Garis Singgung Kurva maka:
1.      Peserta didik dapat memahami konsep-konsep terkait Kemiringan garis singgung kurva
2.      Peserta didik dapat menerapkan konsep-konsep Kemiringan garis singgung kurva dalam menyelesaikan masalah
3.      Peserta didik dapat menjelaskan baik secara lisan maupun prosedural dalam menyelesaikan masalah Kemiringan garis singgung kurva
4.      Peserta didik dapat menunjukkan perilaku tanggungjawab

D.    MATERI PEMBELAJARAN

1
Materi Pembelajaran Reguler
Keterangan




1.  Fakta        :    semua simbol-simbol matematika baik berupa angka atau lambang yang dapat digunakan dalam menjelaskan materi Nilai maksimum, Nilai Minimum, Kemonotonan Fungsi dan Kemiringan Garis Singgung Kurva
2.  Konsep    :    definisi, pengertian, serta ciri-ciri yang berkaitan dengan Nilai maksimum, Nilai Minimum, Kemonotonan Fungsi dan Kemiringan Garis Singgung Kurva
3.  Prinsip      :    dalil, rumus serta teori yang menjelaskan tentang  Nilai maksimum, Nilai Minimum, Kemonotonan Fungsi dan Kemiringan Garis Singgung Kurva
4.  Prosedur  :    langkah-langkah sistematis tentang penyelesaian masalah Nilai maksimum, Nilai Minimum, Kemonotonan Fungsi dan Kemiringan Garis Singgung Kurva


2
Materi Pembelajaran Pengayaan




Soal – soal Nilai maksimum, Nilai Minimum, Kemonotonan Fungsi dan Kemiringan Garis Singgung Kurva yang diujikan pada Ujian Nasional/SBMPTN

3
Materi Pembelajaran Remedial




Penyelesaian masalah Nilai maksimum, Nilai Minimum, Kemonotonan Fungsi dan Kemiringan Garis Singgung Kurva


E.     METODE PEMBELAJARAN

Pert
Pendekatan
Model
Metode Pembelajaran
I
Scientific
Pembelajaran Kooperatif
1.    Problem Basic Learning
2.    Ceramah
3.    Diskusi
4.    Tanya jawab
5.    Penugasan
II
Pembelajaran Kooperatif
III

Pembelajaran Kooperatif

IV

Pembelajaran Kooperatif



F.     MEDIA PEMBELAJARAN

Pert
Media
ALAT /BAHAN
I
Media Visual
White board, rangkuman materi, contoh soal dan penyelesaian serta panduan membuat soal
II
Audio Visual
Laptop, Proyektor, video pembelajaran atau vidio tutorial penyelesaian masalah

G.  SUMBER BELAJAR

Pert
Buku Paket
Sumber lain
I
Matematika Platinum
LKS
II
Matematika Platinum
Matematika Erlangga, Kumpulan Soal - Soal


H.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1.      Pertemuan Pertama:
Nama Kegiatan
Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan
10 Menit
Tahapan
Kegiatan

Guru
Peserta didik

Ø  Komunikasi


Ø  Apersepsi


Ø  Motivasi


Ø  Guru mengucapkan salam dan mengarahkan peserta didik untuk memimpin doa
Ø  Guru mengecek kehadiran peserta didik
Ø  Guru memberikan gambaran tentang pentingnya memahami Aplikasi Turunan terkait Nilai maksimum
Ø  Sebagai apersepsi untuk mendorong rasa ingin tahu dan berpikir kritis, peserta didik diajak memecahkan masalah mengenai bagaimana menemukan Aplikasi Turunan terkait Nilai maksimum
Ø  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

Ø  Peserta didik  menjawab  salam, dan berdoa bersama-sama

Ø  Peserta didik memperhatikan guru, serta proses pembelajaran dan materi pelajaran yang akan dipelajari diikuti dengan sungguh-sungguh
Ø  Peserta didik termotivasi dan muncul rasa ingin tahu terhadap materi pelajaran yang akan dipelajari


Kegiatan Inti
65 Menit
Tahapan
Kegiatan

Guru
Peserta didik

1.      Mengamati (Observing)
Guru mengajukan/menunjukkan masalah kepada Peserta didik untuk diselesaikan/diskusikan dalam menemukan konsep Aplikasi Turunan terkait Nilai maksimum
Melatih kesungguhan, ketelitian dan mencari informasi tentang konsep Aplikasi Turunan terkait Nilai maksimum




2.  Menanya (Questioning)
Guru meminta peserta didik untuk menanyakan tentang masalah atau Membuat pertanyaan mengenai konsep dan sifat Aplikasi Turunan terkait Nilai maksimum
Mengembangkan kreativitas dan rasa ingin tahu tentang konsep dan sifat Aplikasi Turunan terkait Nilai maksimum

3.  Mengumpulkan informasi/ men coba (Experimenting)
Guru meminta peserta didik mencoba menyelesaikan permasalahan yang diberikan, baik secara individual maupun berdiskusi dengan teman terdekat yang berada disampingnya (kanan, kiri, depan atau belakang) sesuai dengan jenis tugas yang diberikan

Peserta didik menyelesaikan masalah Aplikasi Turunan terkait Nilai maksimum berdasarkan lembar kerja peserta didik yang diberikan guru.

4. Menalar/     Mengasosiasi (Associating)
Guru mengarahkan peserta didik untuk berpikir kreatif tentang bagaimana suatu permasalah terkait materi  Konsep dan sifat Aplikasi Turunan terkait Nilai maksimum diajukan dan diciptakan
Peserta didik menganalisis dan membuat kategori dari unsur-unsur yang terdapat pada Konsep dan sifat Aplikasi Turunan terkait Nilai maksimum


5. Mengomunikasikan (Communicating)
Guru mengarahkan peserta didik untuk menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan/ dikelompokkan sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai Konsep dan sifat Aplikasi Turunan terkait Nilai maksimum
Peserta didik menyajikan hasil pekerjaan atau percobaanya dalam menyelesaikan masalah dengan cara berbagi informasi dan strategi dengan teman terdekat yang berada disampingnya (kanan, kiri, depan atau belakang) maupun dengan teman sekelasnya

Kegiatan Penutup
15 Menit

Kegiatan

Guru
Peserta didik

Diakhir Pembelajaran diharapkan
Ø  Guru meminta Peserta didik menyimpulkan tentang Konsep dan sifat Aplikasi Turunan terkait Nilai maksimum.
Ø  Guru memberikan tes kepada peserta didik
Ø  Guru memberikan tugas rumah (PR)
Ø  Guru menyampaikan arahan untuk pertemuan selanjutnya
Ø  Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar dan meningkatkan sikap yang baik dirumah.

Ø  Peserta didik dapat mengembangkan kemampuan pengetahuan dan keterampilan

Ø  Peserta didik dapat merasakan rasa syukur kepada Tuhan atas segala hikmat yang telah diberikan, sehingga kita dapat mengakhiri pelajaran dengan baik.



Total Waktu 2 x 45 menit
90 menit

2.      Pertemuan Kedua:
Nama Kegiatan
Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan
10 Menit
Tahapan
Kegiatan

Guru
Peserta didik

Ø  Komunikasi


Ø  Apersepsi


Ø  Motivasi


Ø  Guru mengucapkan salam dan mengarahkan peserta didik untuk memimpin doa
Ø  Guru mengecek kehadiran peserta didik
Ø  Guru memberikan gambaran tentang pentingnya memahami Penyelesaian Aplikasi Turunan terkait Nilai minimum
Ø  Sebagai apersepsi untuk mendorong rasa ingin tahu dan berpikir kritis, peserta didik diajak memecahkan masalah mengenai bagaimana menemukan Penyelesaian Aplikasi Turunan terkait Nilai minimum.
Ø  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

Ø  Peserta didik  menjawab  salam, dan berdoa bersama-sama

Ø  Peserta didik memperhatikan guru, serta proses pembelajaran dan materi pelajaran yang akan dipelajari diikuti dengan sungguh-sungguh
Ø  Peserta didik termotivasi dan muncul rasa ingin tahu terhadap materi pelajaran yang akan dipelajari


Kegiatan Inti
65 Menit
Tahapan
Kegiatan

Guru
Peserta didik

1.      Mengamati (Observing)
Guru mengajukan/menunjukkan masalah kepada Peserta didik untuk diselesaikan/diskusikan dalam menemukan Penyelesaian Aplikasi Turunan terkait Nilai minimum
Melatih kesungguhan, ketelitian dan mencari informasi tentang Penyelesaian Aplikasi Turunan terkait Nilai minimum



2.  Menanya (Questioning)
Guru meminta peserta didik untuk menanyakan tentang masalah atau Membuat pertanyaan mengenai Penyelesaian Aplikasi Turunan terkait Nilai minimum
Mengembangkan kreativitas dan rasa ingin tahu tentang Penyelesaian Aplikasi Turunan terkait Nilai minimum

3.  Mengumpulkan informasi/ men coba (Experimenting)
Guru meminta peserta didik mencoba menyelesaikan permasalahan yang diberikan, baik secara individual maupun berdiskusi dengan teman terdekat yang berada disampingnya (kanan, kiri, depan atau belakang) sesuai dengan jenis tugas yang diberikan

Peserta didik menyelesaikan masalah Aplikasi Turunan terkait Nilai minimum berdasarkan lembar kerja peserta didik yang diberikan guru.

4. Menalar/     Mengasosiasi (Associating)
Guru mengarahkan peserta didik untuk berpikir kreatif tentang bagaimana suatu permasalah terkait materi  Penyelesaian Aplikasi Turunan terkait Nilai minimum diajukan dan diciptakan
Peserta didik menganalisis dan membuat kategori dari unsur-unsur yang terdapat pada Penyelesaian Aplikasi Turunan terkait Nilai minimum

5.   Mengomunikasikan (Communicating)
Guru mengarahkan peserta didik untuk menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan/ dikelompokkan sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai Penyelesaian Aplikasi Turunan terkait Nilai minimum
Peserta didik menyajikan hasil pekerjaan atau percobaanya dalam menyelesaikan masalah dengan cara berbagi informasi dan strategi dengan teman terdekat yang berada disampingnya (kanan, kiri, depan atau belakang) maupun dengan teman sekelasnya

Kegiatan Penutup
15 Menit

Kegiatan

Guru
Peserta didik

Diakhir Pembelajaran diharapkan
Ø  Guru meminta Peserta didik menyimpulkan tentang Penyelesaian Aplikasi Turunan terkait Nilai minimum.
Ø  Guru memberikan tes kepada peserta didik
Ø  Guru memberikan tugas rumah (PR)
Ø  Guru menyampaikan arahan untuk pertemuan selanjutnya
Ø  Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar dan meningkatkan sikap yang baik dirumah.

Ø  Peserta didik dapat mengembangkan kemampuan pengetahuan dan keterampilan

Ø  Peserta didik dapat merasakan rasa syukur kepada Tuhan atas segala hikmat yang telah diberikan, sehingga kita dapat mengakhiri pelajaran dengan baik.



Total Waktu 2 x 45 menit
90 menit

3.      Pertemuan Ketiga:
Nama Kegiatan
Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan
10 Menit
Tahapan
Kegiatan

Guru
Peserta didik

Ø  Komunikasi


Ø  Apersepsi


Ø  Motivasi


Ø  Guru mengucapkan salam dan mengarahkan peserta didik untuk memimpin doa
Ø  Guru mengecek kehadiran peserta didik
Ø  Guru memberikan gambaran tentang pentingnya memahami Aplikasi Turunan terkait Kemonotonan Fungsi
Ø   Sebagai apersepsi untuk mendorong rasa ingin tahu dan berpikir kritis, peserta didik diajak memecahkan masalah mengenai bagaimana menemukan Aplikasi Turunan terkait Kemonotonan Fungsi.
Ø  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

Ø  Peserta didik  menjawab  salam, dan berdoa bersama-sama

Ø  Peserta didik memperhatikan guru, serta proses pembelajaran dan materi pelajaran yang akan dipelajari diikuti dengan sungguh-sungguh
Ø  Peserta didik termotivasi dan muncul rasa ingin tahu terhadap materi pelajaran yang akan dipelajari


Kegiatan Inti
65 Menit
Tahapan
Kegiatan

Guru
Peserta didik

2.      Mengamati (Observing)
Guru mengajukan/menunjukkan masalah kepada Peserta didik untuk diselesaikan/diskusikan dalam menemukan konsep Aplikasi Turunan terkait Kemonotonan Fungsi
Melatih kesungguhan, ketelitian dan mencari informasi tentang konsep Aplikasi Turunan terkait Kemonotonan Fungsi




2.  Menanya (Questioning)
Guru meminta peserta didik untuk menanyakan tentang masalah atau Membuat pertanyaan mengenai konsep dan sifat Aplikasi Turunan terkait Kemonotonan Fungsi
Mengembangkan kreativitas dan rasa ingin tahu tentang konsep dan sifat Aplikasi Turunan terkait Kemonotonan Fungsi

3.  Mengumpulkan informasi/ men coba (Experimenting)
Guru meminta peserta didik mencoba menyelesaikan permasalahan yang diberikan, baik secara individual maupun berdiskusi dengan teman terdekat yang berada disampingnya (kanan, kiri, depan atau belakang) sesuai dengan jenis tugas yang diberikan

Peserta didik menyelesaikan masalah Aplikasi Turunan terkait Kemonotonan Fungsi berdasarkan lembar kerja peserta didik yang diberikan guru.

4. Menalar/     Mengasosiasi (Associating)
Guru mengarahkan peserta didik untuk berpikir kreatif tentang bagaimana suatu permasalah terkait materi  Konsep dan sifat Aplikasi Turunan terkait Kemonotonan Fungsi diajukan dan diciptakan
Peserta didik menganalisis dan membuat kategori dari unsur-unsur yang terdapat pada Konsep dan sifat Aplikasi Turunan terkait Kemonotonan Fungsi


5.   Mengomunikasikan (Communicating)
Guru mengarahkan peserta didik untuk menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan/ dikelompokkan sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai Konsep dan sifat Aplikasi Turunan terkait Kemonotonan Fungsi
Peserta didik menyajikan hasil pekerjaan atau percobaanya dalam menyelesaikan masalah dengan cara berbagi informasi dan strategi dengan teman terdekat yang berada disampingnya (kanan, kiri, depan atau belakang) maupun dengan teman sekelasnya

Kegiatan Penutup
15 Menit

Kegiatan

Guru
Peserta didik

Diakhir Pembelajaran diharapkan
Ø  Guru meminta Peserta didik menyimpulkan tentang Konsep dan sifat Aplikasi Turunan terkait Kemonotonan Fungsi.
Ø  Guru memberikan tes kepada peserta didik
Ø  Guru memberikan tugas rumah (PR)
Ø  Guru menyampaikan arahan untuk pertemuan selanjutnya
Ø  Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar dan meningkatkan sikap yang baik dirumah.

Ø  Peserta didik dapat mengembangkan kemampuan pengetahuan dan keterampilan

Ø  Peserta didik dapat merasakan rasa syukur kepada Tuhan atas segala hikmat yang telah diberikan, sehingga kita dapat mengakhiri pelajaran dengan baik.



Total Waktu 2 x 45 menit
90 menit

4.      Pertemuan Keempat:
Nama Kegiatan
Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan
10 Menit
Tahapan
Kegiatan

Guru
Peserta didik

Ø  Komunikasi


Ø  Apersepsi


Ø  Motivasi


Ø  Guru mengucapkan salam dan mengarahkan peserta didik untuk memimpin doa
Ø  Guru mengecek kehadiran peserta didik
Ø  Guru memberikan gambaran tentang pentingnya memahami Penyelesaian Aplikasi Turunan terkait Kemiringan Garis Singgung Kurva Sebagai apersepsi untuk mendorong rasa ingin tahu dan berpikir kritis, peserta didik diajak memecahkan masalah mengenai bagaimana menemukan Penyelesaian Aplikasi Turunan terkait Kemiringan Garis Singgung Kurva.
Ø  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

Ø  Peserta didik  menjawab  salam, dan berdoa bersama-sama

Ø  Peserta didik memperhatikan guru, serta proses pembelajaran dan materi pelajaran yang akan dipelajari diikuti dengan sungguh-sungguh
Ø  Peserta didik termotivasi dan muncul rasa ingin tahu terhadap materi pelajaran yang akan dipelajari


Kegiatan Inti
65 Menit
Tahapan
Kegiatan

Guru
Peserta didik

1.      Mengamati (Observing)
Guru mengajukan/menunjukkan masalah kepada Peserta didik untuk diselesaikan/diskusikan dalam menemukan Penyelesaian Aplikasi Turunan terkait Kemiringan Garis Singgung Kurva
Melatih kesungguhan, ketelitian dan mencari informasi tentang Penyelesaian Aplikasi Turunan terkait Kemiringan Garis Singgung Kurva



2.  Menanya (Questioning)
Guru meminta peserta didik untuk menanyakan tentang masalah atau Membuat pertanyaan mengenai Penyelesaian Aplikasi Turunan terkait Kemiringan Garis Singgung Kurva

Mengembangkan kreativitas dan rasa ingin tahu tentang Penyelesaian Aplikasi Turunan terkait Kemiringan Garis Singgung Kurva

3.  Mengumpulkan informasi/ men coba (Experimenting)
Guru meminta peserta didik mencoba menyelesaikan permasalahan yang diberikan, baik secara individual maupun berdiskusi dengan teman terdekat yang berada disampingnya (kanan, kiri, depan atau belakang) sesuai dengan jenis tugas yang diberikan

Peserta didik menyelesaikan masalah Aplikasi Turunan terkait Kemiringan Garis Singgung Kurva berdasarkan lembar kerja peserta didik yang diberikan guru.

4. Menalar/     Mengasosiasi (Associating)
Guru mengarahkan peserta didik untuk berpikir kreatif tentang bagaimana suatu permasalah terkait materi  Penyelesaian Aplikasi Turunan terkait Kemiringan Garis Singgung Kurva diajukan dan diciptakan
Peserta didik menganalisis dan membuat kategori dari unsur-unsur yang terdapat pada Penyelesaian Aplikasi Turunan terkait Kemiringan Garis Singgung Kurva


5.   Mengomunikasikan (Communicating)
Guru mengarahkan peserta didik untuk menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan/ dikelompokkan sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai Penyelesaian Aplikasi Turunan terkait Kemiringan Garis Singgung Kurva
Peserta didik menyajikan hasil pekerjaan atau percobaanya dalam menyelesaikan masalah dengan cara berbagi informasi dan strategi dengan teman terdekat yang berada disampingnya (kanan, kiri, depan atau belakang) maupun dengan teman sekelasnya

Kegiatan Penutup
15 Menit

Kegiatan

Guru
Peserta didik

Diakhir Pembelajaran diharapkan
Ø  Guru meminta Peserta didik menyimpulkan tentang Penyelesaian Aplikasi Turunan terkait Kemiringan Garis Singgung Kurva.
Ø  Guru memberikan tes kepada peserta didik
Ø  Guru memberikan tugas rumah (PR)
Ø  Guru menyampaikan arahan untuk pertemuan selanjutnya
Ø  Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar dan meningkatkan sikap yang baik dirumah.

Ø  Peserta didik dapat mengembangkan kemampuan pengetahuan dan keterampilan

Ø  Peserta didik dapat merasakan rasa syukur kepada Tuhan atas segala hikmat yang telah diberikan, sehingga kita dapat mengakhiri pelajaran dengan baik.



Total Waktu 2 x 45 menit
90 menit


I.   PENILAIAN
1.    Teknik Penilaian Sikap
a.    Sikap Spritual

No
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Butir Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Keterangan
1
Observasi

Terlampir
Terlampir
Saat Pembelajaran berlangsung

2
Penilaian Diri

Terlampir
Terlampir
Saat pembelajaran usai

3
Penilaian Antarteman

Terlampir
Terlampir
Saat pembelajaran Usai


b.    Penilaian Sikap Sosial

No
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Butir Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Keterangan
1
Observasi

Terlampir
Terlampir
Saat Pembelajaran berlangsung

2
Penilaian Diri

Terlampir
Terlampir
Saat pembelajaran usai

3
Penilaian Antarteman

Terlampir
Terlampir
Saat pembelajaran Usai


2.    Penilaian Pengetahuan (KI-3)

No
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Butir Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Keterangan
1
Tertulis
Terlampir
Terlampir
Selesai pertemuan terakhir

2
Lisan
Terlampir
Terlampir
Selesai pertemuan terakhir

3
Penugasan
Terlampir
Terlampir
Selesai pertemuan terakhir


3.    Penilaian Keterampilan (KI-4)

No
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Butir Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Keterangan
1
Praktek
Terlampir
Terlampir
Saat pembelajaran

2
Produk
Terlampir
Terlampir
Penyelesaian tugas

3
Proyek
Terlampir
Terlampir
Penyelesaian tugas

4
Portofolio
Terlampir
Terlampir
Penyelesaian tugas

5
Teknik lain
Terlampir
Terlampir
Penyelesaian tugas


0 Comments:

Posting Komentar