Recent Posts

Senin, 15 April 2019

Pengembangan Diri Satu Guru Satu Blog (Sagusablog) 20



Jabatan fungsional guru adalah jabatan yang mempunyai ruang lingkup, tugas, tanggung jawab, dan wewenang untuk melakukan kegiatan mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah sesuai dengan peraturan perundang – undangan yang diduduki oleh Pegawai Negeri Sipil. Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah (Permenpan No.16 tahun 2009). Tugas seorang guru yang profesional selain mengajar dan memiliki kinerja yang baik, dituntut untuk melakukan pengembangan keprofesian berkelanjutan.


Menurut Permenpan dan RB no.16 tahun 2009, Pengembangan keprofesian berkelanjutan bisa dilakukan dengan berbagai hal diantaranya melaksanakan pengembangan diri, melaksanakan publikasi ilmiah dan melaksanakan karya inovatif. 
Melaksanakan kegiatan pengembangan diri bisa dilakukan dengan cara mengikuti kegiatan diklat fungsional maupun kegiatan kolektif guru yang meningkatkan kompetensi dan/atau keprofesian guru misalnya lokakarya atau kegiatan bersama (seperti kelompok kerja guru) untuk penyusunan perangkat kurikulum dan atau pembelajaran serta keikutsertaan pada bagian kegiatan ilmiah (seminar, kologium dan diskusi panel).
Seorang guru yang melaksanakan pengembangan diri maupun pengembangan keprofesian berkelanjutan disamping memperoleh ilmu pengetahuan dan keterampilan juga mendapat angka kredit yang bisa berguna untuk kenaikan pangkatnya.
Tujuan dari pengembangan diri ini adalah sebagai berikut :

  1. Mampu melaksanakan tugas dan fungsi sebagai guru sesuai dengan kompetensi yang telah dipersyaratkan sebagai guru.
  2. Mendapatkan wawasan, ilmu pengetahuan dan keteranpilan untuk dapat memberikan pelayanan prima dan lebih baik kepada peserta didik.
  3. Mengumpulkan angka kredit yang dipersyaratkan dalam kenaikan pangkat maupun jabatan yang setingkat lebih tinggi.

Pengembangan diri bisa dilakukan secara offline maupun secara online. Mendengar istilah online, yang ada di benak kita adalah pelatihan tersebut sulit dan rumit. Tenang dulu bpk/ibu, pelatihan/workshop ini tidak seseram yang dibayangkan. cukup sediakan Laptop, android yang telah terinstal instagram dan jangan lupa paket internetnya. Pada kesempatan ini, penulis akan menyampaikan salah satu jenis pengembangan diri berupa workshop online yang diselenggarakan oleh Ikatan Guru Indonesia (IGI). Pelatihan tersebut bernama Workshop SAGUSABLOG Dasar 20. Sagusablog sendiri adalah kependekan dari Satu Guru Satu Blog. Peserta pada pelatihan ini adalah seluruh guru se Nusantara Indonesia. Jika kita anggota IGI maka pelatihan ini free alias gratis tidak dipungut biaya. 

Workshop ini berisi bagaimana cara membuat Media Pembelajaran Berbasis Blog kelas Dasar dengan materi sebagai berikut:
  1. Membuat blog dengan blogger
  2. Mengganti dan mendesain template bawaan blogger
  3. Mendesain Header blog
  4. Mengelola dan Menghias Blog
  5. Membuat dan Mengelola Menu Blog
  6. Membuat dan mengelola soal online di google drive
Total keseluruhan jam dalam workshop ini adalah 34 jam, sehingga nantinya kita bisa mendapatkan nilai angka kredit 1 (satu) pada workshop ini. Workshop ini berlangsung selama 7 hari dari tanggal 14 April 2019 sampai 20 April 2019. Pada Workshop ini kita diberikan 6 modul beserta video tutorial, sehingga peserta dituntut untuk belajar mandiri. Jika ada kesulitan, peserta bisa diskusi di telegram sesuai dengan kelompoknya masing - masing yang telah dibagi di awal sebelum dimulainya workshop. Di kelompok tersebut kita dibimbing oleh instruktur yang berpengalaman, so jangan khawatir ya.
Untuk info lengkapnya tentang pendaftaran workshop Sagusablog Dasar 20 bisa klik https://www.sagusablog.com/ atau disini.

Untuk video pengantar daring Sagusablog bisa dilihat tutorialnya di sini :

Terimakasih, semoga bermanfaat.

0 Comments:

Posting Komentar